![]() |
JR205 HaE 15 (Rangkaian 10 Kereta)- Juanda |
Seperti yang kita tahu, sejak tanggal 1 Juni 2014 kemarin telah diberlakukan Jadwal Commuter Line baru atau bisa disebut GAPEKA 2014, Apa perbedaannya? Pada jadwal tersebut terdapat penambahan perjalanan kereta terutama untuk lintas barat atau untuk jurusan Bekasi, Hasilnya memang agak terasa untuk linta barat tesebut karena perjalanan makin banyak tetepi hingga saat ini hasilnya di lapangan nihil. Kereta lebih sering terlambat bahkan masih sering terjadi antrian kereta.
Kenapa diberlakukan GAPEKA 2014? Menurut saya sendiri itu pihak KCJ bertindak cepat sejak insiden "Blokade Rel" yang terjadi di stasiun Bekasi beberapa bulan lalu terjadi. Bahkan, Kereta nomor 1 se-Indonesia dipaksa mengalah dengan kereta Commuterline yang notabene harga tiket hanya berkisar 2000 - 9000 rupiah saja. Untuk itu di jam-jam "Peak Hour" seperti berangkat kerja atau pulang kerja Perjalan kereta ditambah, Pihak CJ sendiri mengabulkan harapan para roker tetapi harapan tersebut seakan dibuat main-main oleh pihak KCJ sendiri, ibarat anak muda bilang itu PHP.
Sebenarnya Kereta sendiri adalah alat transportasi dimana bisa digunakan untuk memindahkan banyak orang dengan nyaman, cepat dan tepat waktu. Sepertinya hal tersebut tidak berlaku di Indonesia kita tercinta ini, prasaran yang kurang walaupun dengan mendatangkan armada baru yang tentunya dengan teknologi lebih canggih (Walaupun barang seken dari jepang) rasanya seperti angin lalu jika tidak dibarengi oleh prasarana yang kuat juga. Menurut saya pribadi, saat ini Kereta Commuter di Indonesia malah hampir mirip dengan banner berjalan karena banyak iklan bertebaran di kereta. Penumpang pun kereta pun lebih mencerminkan kita belum siap untuk menggunakan teknologi yang canggih, kenapa? Banyak penumpang "manja" yang duduk di lantai kereta jika tidak mendapatkan duduk, itu salah satu contohnya. Setidaknya saat ini sudah tidak ada kereta ekonomi yang sangat tidak manusiawi.
Mungkin dengan terpilihnya presiden yang baru nanti, saya sendiri berharap kepada pemimpin kita kelak untuk memperhatikan kereta dengan seksama. Saya juga berharap agar kecelakaan kereta tidak terjadi kembali karena saya sendiri pernah mengalami kecelakaan saat dikereta dan juga menyaksikan dengan mata sendiri.
![]() |
Tragedi Bintaro II antara KRL eks Tokyo Metro 7121F dengan truk tangki pertamina |
SUMBER
Sumber tulisan ditulis berdasarkan keseharian penulis yang merupakan seorang commuter / roker sejak sekolah dasar hingga kuliah saat ini.
Gambar 1 : JR-205 HaE 15 memasuki St. Juanda - http://beritakereta.wordpress.com/2014/03/06/pt-kcj-mulai-operasikan-krl-panjang-10-gerbong-seri-jr-205/
Gambar 2 : Tragedi Bintaro II - Tokyo Metro 7121F Terbakar - http://bisnis.com/quick-news/read/20131219/79/193274/balai-latihan-kai-abadikan-nama-3-awak-ka-korban-tragedi-bintaro
[Ilmu Budaya Dasar] Tugas 3 - Harapan para 'Commuter' / Roker
1Di maluku terdapat kesenian Bambu Gila |
Permainan ini melibatkan kekuatan
supranatural untuk menjalankannya, walaupun tidak diperlukan ritual tertentu. Sebatang
bambu dipegang oleh beberapa orang, lalu oleh seorang dukun bambu ini diberi
mantera. Lama-kelamaan bambu ini terasa berat hingga orang-orang yang memegangnya
berjatuhan ke tanah. Tarian ini juga dikenal dengan nama Buluh Gila atau Bara
Suwen. Pertunjukan ini bisa ditemui di dua desa yaitu Desa Liang, kecamatan
Salahatu, dan Desa Mamala, kecamatan Leihitu, Kabupaten Maluku Tengah. Di maluku
ini dapat dijumpai banyak kesenian dan budaya bernuansa mistis. Untuk memulai
pertunjukan ini seorang pawang harus membakar kemenyan di dalam tempurung
kelapa sambil membaca mantra dalam ‘bahasa tanah.' Bahasa tanah merupakan
bahasa dari salah satu bahasa tradisional Maluku. Lalu asap kemenyan
dihembuskan pada batang bambu yang akan digunakan. Jika menggunakan jahe maka
jahe harus dikunyah oleh pawang sambil membacakan mantra dan disemburkan ke
bambu. Fungsi kemenyan atau jahe ini untuk memanggil roh para leluhur sehingga
memberikan kekuatan mistis kepada bambu tersebut lalu bambu tersebut akan
membuat bambu seakan-akan bergerak dan menggila. saat itulah sang pawang dapat
menggendalikan bambub sesuai keinginannya. Biasanya saat atraksi ini sangat
terasa aura mistis tetapi saat itu yang sangat terasa adalah hawa mistis dari
bambu bukan dari gerakan para pemainnya. Permainan akan dimulai ketika pawang
berkata "gila gila gila" saat itu bambu akan mulai bergerak seakan
ada yang mengendalikannya. Pada saat tujuh pria yangmemegang bambu mulai
merasakan guncangan bambu gila, alunan musik pun mengiringi permainan ini
dengan alat musik tradisional. Bambu yang digunakan merupakan bambu lokal.
Namun, proses memilih dan memotong bambu tidak sembarangan, karena dibutuhkan
perlakuan khusus. Pawang terlebih dahulu meminta izin dari roh yang menghuni
hutan bambu tersebut. Bambu kemudian dipotong dengan melakukan adat
tradisional. Bambu dibersihkan dan dicuci dengan minyak kelapa kemudian dihiasi
dengan kain pada setiap ujungnya. Untuk menghentikan permainan, bambu harus
diberi makan dengan api. Tradisi tari bambu gila sudah lama ada dimulai sejak sebelum masa Islam dan Kristen
masuk ke kepulauan ini. Saat ini tari berbau mistis ini hanya dipentaskan di
beberapa desa kecil. Dibandingkan dengan kesian di daerah jawa barat, di jawa
barat, sunda, disana banyak kesenian yang menggunakan bambu. Walaupun
menggunakan bambu, tetapi sangat jarang unsur yang menggunakan mistik seperti
di maluku, di sunda lebih mengarah pada alat musik, cobtohnya angklung.
Angklung mulai di kenal oleh masyarakat luas keita pada zaman kerajaan Sunda. Dulunya berfungsi sebagai penggugah semangat pada waktu peperangan. Hal ini terus berlanjut hingga jaman penjajahan yang di alami bangsa indonesia ini. Alunan musik di dalamnya sebagian besar terinspirasi dari Nyai.Sri Pohaci ( dewi padi ) atau sering disebut Dewi Pemberi Kehidupan. Karena mitos yang berkembang pada masyarakat dulu kemudian para seniman menciptakan semacam syair dan lagu sebagai penghormatan kepada Nyai Sri Pohaci lewat kesenian angklung ini. Pada saat kemunculan, sebenarnya Angklung dianggap sebagai alat musik yang sakral karena kehadirannya untuk mengiringi Mantera - mantera yang di alunkan saat ritual tertentu. Hal ini berubah sejak tahun 1938, Daeng Soetigna menciptakan angklung yang di dasari oleh suara Diatonik. Sejak saat itu Angklung menjadi lebih dekat kepada bidang seni daripada.bidang mistis dan klenik. Lambat laun Angklung pun dikenal ke seluruh penjuru dunia. Pengakuan tentang keberadaan alat musik Angklung pertama kali diakui oleh seorang musikus besar asal australia yaitu Igor Hmel Nitsky pada tahun1955. Angklung pun semakin.berkembang hingga saat ini. Tercatat sebuah rekor dunia bermain angklung pernah diciptakan di Beijing, China melalui acara yang diselenggarakan oleh KBRI dengan melibatkan 5.393 peserta di Stadion Buruh Beijing.
Pada dasarnya kita tidak boleh membeda-bedakan budaya yang ada di indonesia. Dan kita harus melestarikan karya seni dan budaya adat istiadat dari negara kita sendiri walaupun kita tidak berasal dari suku yang sama. Budaya di Indonesia saling terikat, walaupun sama-sama karya seni dan adat dari Bambu tetapi berbeda dalam sukunya, karena itu semboyan kita adalah bhineka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu.
Sumber tulisan disadur dari beberapa artikel dan berita,
http://id.wikipedia.org/wiki/Bambu_Gila
http://www.triptrus.com/news/mistisnya-permainan-bambu-gila
http://travel.detik.com/read/2013/09/26/104443/2369818/1519/aura-mistis-di-balik-permainan-bambu-gila
http://garudabangkit.blogspot.com/2011/06/sejarah-angklung-sebagai-bagian-dari.html
Gambar merupakan hak cipta dari penulis aslinya.
[Ilmu Budaya Dasar] Tugas 2 - Adat Kebudayaan Maluku dan Sunda
1
4
orang remaja yang mempunyai sebuah masalah yang sama yaitu dituntut untuk
menjadi seperti orang lain, tidak diberi hak dan kebebasan untuk memilih tujuan
hidupnya sendiri. Mereka harus menurut dan dipaksa untuk menuruti keinginan
orang tuanya sehingga mereka merasa bahwa hidup ya menghbiskan waktu hanya
untuk menjadi orang lain bukan menjadi diri sendiri. Hal tersebut membuat
mereka harus mengejar bayang-bayang orang lain. Sangat berat bagi mereka untuk
hidup karena paksaan dan tekanan untuk terus hidup menjadi orang yang tidak
mereka inginkan. Terlebih lagi mereka harus memilih antara keinginan orang tua
dan keinginan dirinya sendiri. Hidup mereka bagai bunga matahari yang selalu
mengikuti kemana pun arah datangnya sinar matahari, dan sadar akan selalu
mengikuti matahari dan tidak akan pernah bisa lepas. Mereka tidak sadar pada
kelebihannya sendiri hingga pada akhirnya mereka memiliki keberanian untuk
menolak kehendak orang lain dan sukses dengan cara mereka sendiri.
Tokoh
utama dalam novel
Sophie
Sophie
anak dari Renata Adhyaswara, seorang penulis terkenal. Sophie adalah anak yang
sopan santun, pemberani, tidak melawan orang tua, dan juga baik hati.
Sophie
harus menuruti keinginan ibunya, Renata Adhyaswara, seorang penulis terkenal
yang telah menghasilkan ratusan novel dan memenangi banyak penghargaan.
Sedangkan Sophie ingin sekali menjadi fotografer, dan hasil bidikannya pun
menarik untuk dilihat. Namun, Sophie dituntut oleh ibunya untuk menghasilkan
karya tulis yang sama baiknya dengan
ibunya yang merupakan seorang penulis terkenal, sehingga membuat hidupnya dalam
bayang-bayang ibunya, Renata Adhyaswara.
[Ilmu Budaya Dasar] Tugas 1 - Inti Cerita Novel Morning Light Karya Windhy Puspitadewi
0![]() |
Peron tinggi di stasiun bogor hanya untuk kereta ekonomi |
Sebelum bulan juni 2013, diskriminasi terlihat jelas dalam moda transportasi kereta, Kereta dibagi dalam kereta ekonomi dan kereta commuter line (ekonomi AC) sehingga akan terlihat jelas perbedaan kasta. PT KAI COMMUTER tidak memperhatikan masyarakat kelas menengah kebawah, dimulai dari kereta yang tidak layak digunakan, maupun peron yang disediakan untuk kereta ekonomi sangat tinggi untuk wanita. Sedangkan Commuterline terlihat sangat di ‘anak emaskan’ dari kereta yang dilengkapi pendingin, keamanan lebih terjamin, peron yang sejajar dengan pintu. Selain itu, penghapusan kereta khusus wanita (bukan gerbong wanita) pun mendiskriminasi wanita untuk sebagian pihak, tetapi itu dilakukan demi menambah jadwal kereta api agar mampu mengangkut penumpang yang lebih banyak.
![]() |
Kereta Ekonomi di stasiun cilebut, terlihat bahwa keamanan tidakk diperhatikan |
[Ilmu Sosial Dasar] Tugas 4 - Diskriminasi
1Ini postingan ketiga di blog ini, sebelumnya gua selalu bikin posting di blog FYP-Kun.blogspot.com, berhubung tu blog semakin dikenal -_-" plus ada admin baru juga, ya jadi gua posting disini, blog baru khusus seputar perkuliahan gua yang juga pastinya ga ada yang baca, ngenes yak. Sesuai konferensi pers gua (BACA DISINI) di blog FYP-Kun pasca gua masuk di UG ini, gua mau cerita nih, khususnya tentang tanggal 16 Oktober kemaren.
Awalnya sih gua niat pengen berubah, biar dapet IPK sempurna~ semua dimulai ketika dosen MatDas gak masuk... itu hari pertama kuliah dan Dosen gak masuk. nyatanya, 1 Bulan tuh Dosen gak masuk, gatau diri banget. Emang lancar sih kuliah gua, tapi gua ampir mulai gila, ambil kursus wajib dari kampus yang mulainya jam set 7 malem sampe jam 9 malem. bayangin tuh gua berangkat jam 6 dari rumah dan bisa jadi jam 11 sampe rumah, gile bener dah. Tentang suasana kelas, gimana ya? Yang pasti sih kurang kondusif kalo menurut gua, jadinya gua ngurungin niat buat berubah T-T lagian gua pengen duduk di depan tapi pasti gua ga konsen soalnya di depan itu yang rusuh -_-"
Menurut lu sesuai gak sama labelnya World Class University? Universitas nomor 5 di Indonesia dan Universitas Swasta Terbaik, yang pasti gak kena 2X KASUS KORUPSI kaya univ sebelah, atau KASUS MIGAS kaya univ terbaik di Indonesia. Menurut gua ada beberapa Kampus UG yang cocok dilabelin World Class, contohnya kampus H. Itu kampus paling enak menurut gua. Rasanya gua dendam banget sama yg lolos SBM, padahal gua sendiri lolos juga sih tapi ga ngambil~ yg lolos SBM tuh rata2 ngeledek gua secara halus~ tapi yang halus itu yang tajem~ kalo gua sih gak mau banyak komen, tapi liatin aja ntar gua yang ngeledek lu yg pernah ngledek gua.
Kembali ke topik pembicaraan, gua ketemu temen kampus yang kayanya agak mirip sama gua (kurang puas sama kampus dsb) sebut saja "Teh Melo" dia ini mahasiswa daerah yang daftar ke UG karena dapet saran dari beberapa senior (kaya gua) kalo mau ngambil tentang komputer pilih aja UG, soalnya disana komputer paling bagus di indonesia. Gua sempet jelek2in kampus sendiri dan ampir mau berbuat yang lebih gila~ tapi itu rahasia, ntar kalo gua kasih tau malah di gebukin orang sekampus lagi...
Gua masuk sini juga dengan harapan bisa ketemu mba Sendy~ tapi dia di kampus J sih, yang banyak mistisnya. oia disini juga lumayan banyak cerita itu loh, coba aja buka link ini. btw tentang tgl 16 ini, kayanya ini puncaknya gua ketauan ngidol dsb nih... awalnya gua diem2 aja, tapi gua lupa kan di acc twit gua ada foto paru + blog gua, di fudul dah sama temen2 gua... langsung deh. di cap wota -__-" label yang sebenernya gua ga mau, kenapa gua gamau? soalnya itu konotasi negatif (baca DISINI) dan jadilah gua dipanggil "fyp-kun" atau "kun" malah "wota" sama temen kuliah. btw di tgl 16 itu juga gua genap 2 tahun loh sama cewe gua~ siapakah dia? pokoknye menurut pandangan gua sih cantik lah~ kawaii to kirei~ hahaha doain aja biar bisa jalan terus~ lagian kayanya gua gabisa pindah hati hahaha.
di tgl itu juga gua menyadari dunia itu sempit, coba liat screenshot chat gua dan temen gua ini
Sempit banget ya~ Temen gua kenal sama orang yang suka donlod dari blog FYP-Kun Online! yah, gua malah berpikir nih
Awalnya sih gua niat pengen berubah, biar dapet IPK sempurna~ semua dimulai ketika dosen MatDas gak masuk... itu hari pertama kuliah dan Dosen gak masuk. nyatanya, 1 Bulan tuh Dosen gak masuk, gatau diri banget. Emang lancar sih kuliah gua, tapi gua ampir mulai gila, ambil kursus wajib dari kampus yang mulainya jam set 7 malem sampe jam 9 malem. bayangin tuh gua berangkat jam 6 dari rumah dan bisa jadi jam 11 sampe rumah, gile bener dah. Tentang suasana kelas, gimana ya? Yang pasti sih kurang kondusif kalo menurut gua, jadinya gua ngurungin niat buat berubah T-T lagian gua pengen duduk di depan tapi pasti gua ga konsen soalnya di depan itu yang rusuh -_-"
Menurut lu sesuai gak sama labelnya World Class University? Universitas nomor 5 di Indonesia dan Universitas Swasta Terbaik, yang pasti gak kena 2X KASUS KORUPSI kaya univ sebelah, atau KASUS MIGAS kaya univ terbaik di Indonesia. Menurut gua ada beberapa Kampus UG yang cocok dilabelin World Class, contohnya kampus H. Itu kampus paling enak menurut gua. Rasanya gua dendam banget sama yg lolos SBM, padahal gua sendiri lolos juga sih tapi ga ngambil~ yg lolos SBM tuh rata2 ngeledek gua secara halus~ tapi yang halus itu yang tajem~ kalo gua sih gak mau banyak komen, tapi liatin aja ntar gua yang ngeledek lu yg pernah ngledek gua.
Kembali ke topik pembicaraan, gua ketemu temen kampus yang kayanya agak mirip sama gua (kurang puas sama kampus dsb) sebut saja "Teh Melo" dia ini mahasiswa daerah yang daftar ke UG karena dapet saran dari beberapa senior (kaya gua) kalo mau ngambil tentang komputer pilih aja UG, soalnya disana komputer paling bagus di indonesia. Gua sempet jelek2in kampus sendiri dan ampir mau berbuat yang lebih gila~ tapi itu rahasia, ntar kalo gua kasih tau malah di gebukin orang sekampus lagi...
Gua masuk sini juga dengan harapan bisa ketemu mba Sendy~ tapi dia di kampus J sih, yang banyak mistisnya. oia disini juga lumayan banyak cerita itu loh, coba aja buka link ini. btw tentang tgl 16 ini, kayanya ini puncaknya gua ketauan ngidol dsb nih... awalnya gua diem2 aja, tapi gua lupa kan di acc twit gua ada foto paru + blog gua, di fudul dah sama temen2 gua... langsung deh. di cap wota -__-" label yang sebenernya gua ga mau, kenapa gua gamau? soalnya itu konotasi negatif (baca DISINI) dan jadilah gua dipanggil "fyp-kun" atau "kun" malah "wota" sama temen kuliah. btw di tgl 16 itu juga gua genap 2 tahun loh sama cewe gua~ siapakah dia? pokoknye menurut pandangan gua sih cantik lah~ kawaii to kirei~ hahaha doain aja biar bisa jalan terus~ lagian kayanya gua gabisa pindah hati hahaha.
di tgl itu juga gua menyadari dunia itu sempit, coba liat screenshot chat gua dan temen gua ini
Sempit banget ya~ Temen gua kenal sama orang yang suka donlod dari blog FYP-Kun Online! yah, gua malah berpikir nih
Kayanya dunia kuliah gua gak kaya yang gua pikirin, gak seindah di ANIME dan se santai di FTV. Dan kayanya udah mulai Hancur~ Apalagi kalo cap yang menempel di gua itu menyebar sekampus.
Judulnya Tanggal 16 Oktober
0
Kemajemukan masyarakat Indonesia yang menggambarkan kekayaan
budaya ternyata menimbulkan masalah sosial. Menurut peneltitian C Van Vallenhoven kepulauan Indonesia
memiliki 19 adat sehingga menggambarkan bahwa Indonesia memiliki berbagai macam
lingkungan yang berbeda.
Menurut Nasikun,
yang menyebabkan masalah sosial adalah akibat dari pebedaan lingkungan ekologis
antara pulau jawa dan diluar pulau jawa sehingga meniumbulkan hal yang kontras
dalam 3 bidang, yaitu :
1.
Kependudukan
Kesuburan tanah dan pemusatan pemerintahan mendorong
pemusatan pembangungan prasarana sehingga suatu populasi masyarakat akan
terpusat pada satu daerah tertentu.
2.
Ekonomi
Jumlah penduduk yang banyak membuat kepemilikan tanah
sedemikian sempit, sebagai contoh petani di pulau jawa hanya mampu untuk
memproduksi bagi diri sendiri sedangkan petani di luar jawa mampu untuk
menghasilkan produk yang siap kirim.
3.
Budaya
Pengaruh
hinduisme dan budaisme sangat berpengaruh di sebagian pulau jawa, kebudayaan
jawa berpaling dari dunia luar untuk semata-mata meninggikan kehidupan keratin.
Masalah sosial adalah suatu keadaan dimana adanya suatu
ketidak sesuaian antara unsur-unsur kebudayaan atau masyarakat yang
membahayakan suatu kelompok sosial sehingga akan berdampak pada kehidupan
anggota masyarakat. Dimana jika terjadi gesekan antara unsur sosial yang
mengganggu hubungan sosial atau dapat menjadi masalah dalam suatu masyarakat
sehingga masalah itu dianggap kurang sesuai dengan nilai-nilai atau norma-norma
sosial dalam masyarakat. Masalah sosial terjadi akibat perbedaan antara nilai
dan realita yang ada dalam masyarakat. Munculnya suatu masalah sosial itu
tergantung dari masyarakat itu sendiri.
Sebagai contoh yang sudah sering kita lihat terutama bagi
penulis yang notabene baru saja meninggalkan masa sekolah menengah adalah
tawuran. Masalah sosialseperti tawuran sepertinya memang sudah mendarah daging
pada golongan siswa sekolah menengah bahkan pada masyarakat pun tawuran antar
golongan pun sering terjadi hanya karena hal sepele, segala sesuatu yang tidak
bisa di selesaikan dengan damai, langsung diselesaikan dengan tawuran.
Sumber
:
Murdiyatmoko,
Janu. Sosiologi Memahami dan Mengkaji Masyrakat. Grafindo Media Pratama.
Gambar
:
Farhan Yuda Pahlevi – 1IA07 – Universitas Gunadarma
[Ilmu Sosial Dasar] Tugas 1 - Masalah Sosial
1Udah tau kan gua masuk dimana? yak setelah gua gak ambil (keterima kok ^_^) UNJ melalui SBMPTN dan PNJ melalui UMPN, gua memutuskan untuk ke UG~ Kok gak diambil? kan itu negri loh paling bagus ga kaya swasta~ Kan udah gua bilang, TI-nya masih lebih bagus UG~
Halo, ini postingan pertama disini, blog ini adalah blog yang kesekian kalina buat gua setelah blog pertama gua yaitu FYP-Kun Online!. Disini gua cuma ngisi tentang tugas kuliah yang gua kerjain, curhat gua (mungkin), dan sedikit tips/trick yang sudah gua alami/jalani dalam blogging,encoding, atau malah programming. so, enjoy thi blog! Yoroshiku onaigaishimasu!
Oia, Jangan lupa FANSPAGEnya di Like ya!! Bakalan ada Update tentang blog FYP-Kun Online! Btw, gua mau ngembangin app Android FYP-Kun Online! lagi nih, soalnya yang dulu udah keapus dan kurang menarik.