Pada tugas kali ini kami mencoba untuk menganalisa beberapa web, diantaranya web pemerintahan, web pedidikan, dan web sosial media. Sebelumnya kami akan menjelaskan mengenai web crawlers, Web crawler adalah sebuah perangkat lunak yang
digunakan untuk menjelajah serta mengumpulkan halaman-halaman web yang
selanjutnya diindeks oleh mesin pencari (Gatial E,2005). Desain sebuah web
crawler harus dapat memenuhi berbagai tujuan yang kadang saling berbenturan,
seperti kualitas halaman yang diambil, penyebaran dan pengurangan beban
jaringan, kecepatan pengambilan, serta pada saat yang bersamaan tidak membebani
server situs yang dikunjungi. Web crawler juga sering dikenal dengan nama web
spider atau web robot, yaitu salah satu komponen penting dalam arsitektur
sebuah mesin pencari modern. Fungsi utama web crawler adalah untuk melakukan
penjelajahan dan pengambilan halaman-halaman web yang ada di internet. Hasil
pengumpulan situs web selanjutnya akan diindeks oleh mesin pencari sehingga
mempermudah pencarian informasi di internet.
Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Intinya, untuk mengerjakan tugas analisa web ini kami menggunakan beberapa web crawlers sebagai alat bantu dalam menganalisa kecepatan, skrip-skrip, dan hal teknis lainnya yang berkaitan dengan website yang akan dianalisis.
Untuk web pemerintahan kami mencoba menganalisa website Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (www.djk.esdm.go.id). Disini kami berhasil menemukan celah keamanan dari website pemerintah tersebut menggunakan metode inejksi melalui Operating System Kali Linux. Jika ingin mencoba melakukan ini, harap dilakukan dengan bijak dan tidak disalahgunakan, ini hanya untuk kepentingan pendidikan.
website ini menggunakan protokol yang dianggap secure oleh pembuatnya, menggunakan https yang secara teori lebih aman dan celah keamanannya akan sulit terdeteksi, yang pertama dilakukan adalah mencari tahu ip-nya dengan cara ping seperti biasa, kemudian scan menggunakan nmap untuk meilhat port apa yang terbuka
lalu lakukan scan menggunakan nikto fungsinya untuk meilhat direktori apa yang tersedia pada website tersebut.
lalu akan muncul nama login dan password yang bisa digunakan untuk masuk kedalam page admin. Kami tidak akan mempublikasikan halaman admin dan username beserta passwordnya karena hal tersebut tidak boleh disalah gunakan.
Dan terakhir kami mengetest performa dari sebuah halaman web tersebut mendapatkan 3 nilai A untuk tiap katergorinya tetapi tidak menggunakan kompresi gambar sehingga tidak mendapatkan nilai sama sekali, penggunaan cache statis pun tidak terlalu optimal.
Selanjutnya untuk web pendidikan kami mencoba menganalisa website Universitas Gunadarma (www.gunadarma.ac.id).
Berdasarkan alexa, website kementrian Universitas Gunadarma ini menduduki peringkat ke-394 se-Indonesia, bisa dibilang melebihi website perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia
Selanjutnya kami mencoba menggunakan tools yang ada pada website speedtest yang kami gunakan, hasilnya website gunadarma memiliki rata-rata waktu 3.08 detik jika diakses dari swedia.
Lalu kami menganalisa hasil untuk performa kecepatan web ini berdasarkan data dari ke-valid-an dari skrip yang ada, untuk overal website gunadarma sudah bagus tetapi ada 1 variabel yang tidak optimal.
Sama seperti sebelumnya, mendapatkan 3 A tetapi penilaian lainnya kurang bagus.
Selanjutnya untuk web sosial media kami mencoba menganalisa website Facebook (www.facebook.com).
Berdasarkan analisa alexa, facebook konstan berada pada peringkat 2 dunia dan peringkat 2 amerika tempat facebook ini berasal.
Sedangkan hasil menggunakan tools yang ada pada website speedtest yang kami gunakan, hasilnya website facebook memiliki kecepatan load halaman yang cukup singkat, dibawah 1 detik.
Website terkenal bukan berarti memiliki kevalid-an skrip yang benar-benar mutlak benar dan rapih, tetapi ada juga yang tidak menggunakan skrip dan ada 3 variabel yang tidak 100% valid sehingga dapat mengacaukan waktu load halaman.
Disini facebook lebih baik dari yang lainnya, mendapatkan ceklis dan juga 3 variabel mendapatkan nilai A.
Itulah yang dapat kami analisa dari 3 website yang kami gunakan sebagai sampel, semoga bermanfaat, terima kasih.
Kelompok 2IA12
Aisyah Astindra Rohadewi ( 50413503 )
Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 )
Nuraya Ayu Ocktabella ( 56413641 )
Dalam kerjanya, web crawler melakukan proses validasi terhadap HTML code dan tautan yang ditemukan pada situs yang dikunjungi. Setelah melakukan validasi, halaman web dan tautan tersebut didownload kemudian diparsing ke dalam tempat penyimpanan utama. Intinya, untuk mengerjakan tugas analisa web ini kami menggunakan beberapa web crawlers sebagai alat bantu dalam menganalisa kecepatan, skrip-skrip, dan hal teknis lainnya yang berkaitan dengan website yang akan dianalisis.
Untuk web pemerintahan kami mencoba menganalisa website Direktorat Jendral Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (www.djk.esdm.go.id). Disini kami berhasil menemukan celah keamanan dari website pemerintah tersebut menggunakan metode inejksi melalui Operating System Kali Linux. Jika ingin mencoba melakukan ini, harap dilakukan dengan bijak dan tidak disalahgunakan, ini hanya untuk kepentingan pendidikan.
lalu lakukan scan menggunakan nikto fungsinya untuk meilhat direktori apa yang tersedia pada website tersebut.
lalu akan muncul nama login dan password yang bisa digunakan untuk masuk kedalam page admin. Kami tidak akan mempublikasikan halaman admin dan username beserta passwordnya karena hal tersebut tidak boleh disalah gunakan.
Kami mencoba menggunakan beberapa web untuk menganalisanya, Pertama kami menggunakan alexa untuk mengetahui tingkat popularitas website tersebut. Berdasarkan alexa, website kementrian ESDM ini menduduki
peringkat ke-605 se-Indonesia, Untuk informasi posisi dalam alexa ini semakin kecil angkanya
maka semakin bagus posisinya, terlihat banyaknya netizen yang mengakses situs
ini berkisar antara 60.000 tiap bulannya. dan menempati posisi 605 se-Indonesia.
Lalu kami menggunakan website speed test, untuk mengecek kecepatan akses untuk meload seluruh website tersebut. Hasilnya seperti berikut ini. Untuk performa
kecepatan web ini sendiri cukup bagus tetapi ada ketidaktepatan penggunaan
JavaScript dan CSS sehingga mendapatkan nilai yang kurang memuaskan. Sedangkan
untuk yang mendapatkan nilai 0 artinya tidak menggunakan metode website
tersebut.Dan terakhir kami mengetest performa dari sebuah halaman web tersebut mendapatkan 3 nilai A untuk tiap katergorinya tetapi tidak menggunakan kompresi gambar sehingga tidak mendapatkan nilai sama sekali, penggunaan cache statis pun tidak terlalu optimal.
Selanjutnya untuk web pendidikan kami mencoba menganalisa website Universitas Gunadarma (www.gunadarma.ac.id).
Berdasarkan alexa, website kementrian Universitas Gunadarma ini menduduki peringkat ke-394 se-Indonesia, bisa dibilang melebihi website perguruan tinggi lainnya yang ada di Indonesia
Selanjutnya kami mencoba menggunakan tools yang ada pada website speedtest yang kami gunakan, hasilnya website gunadarma memiliki rata-rata waktu 3.08 detik jika diakses dari swedia.
Sama seperti sebelumnya, mendapatkan 3 A tetapi penilaian lainnya kurang bagus.
Selanjutnya untuk web sosial media kami mencoba menganalisa website Facebook (www.facebook.com).
Berdasarkan analisa alexa, facebook konstan berada pada peringkat 2 dunia dan peringkat 2 amerika tempat facebook ini berasal.
Sedangkan hasil menggunakan tools yang ada pada website speedtest yang kami gunakan, hasilnya website facebook memiliki kecepatan load halaman yang cukup singkat, dibawah 1 detik.
Website terkenal bukan berarti memiliki kevalid-an skrip yang benar-benar mutlak benar dan rapih, tetapi ada juga yang tidak menggunakan skrip dan ada 3 variabel yang tidak 100% valid sehingga dapat mengacaukan waktu load halaman.
Disini facebook lebih baik dari yang lainnya, mendapatkan ceklis dan juga 3 variabel mendapatkan nilai A.
Itulah yang dapat kami analisa dari 3 website yang kami gunakan sebagai sampel, semoga bermanfaat, terima kasih.
Kelompok 2IA12
Aisyah Astindra Rohadewi ( 50413503 )
Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 )
Nuraya Ayu Ocktabella ( 56413641 )
[PWS] Tugas 3 - Web Crawlers dan Analisa Website
0
Kali ini, tugas softskill yang saya dapatkan cukup menantang, membuat website. Untuk itu saya membentuk kelompok dengan beberapa teman saya, Haris Wijanarko dan Rahmat Yushardi. Karena tidak ada jenis website yang diberikan, lalu kami membuat website sederhana sebagai simulasi website penerimaan calon asisten baru.
Langkah pertama yang kami mulai adalah memiliki hosting untuk menyimpan file yang nantinya akan menjadi website. Tentu saja kami memakai web hosting gratis. Untuk itu pilih paket hosting gratis pada web penyedia hosting.
Setelah memilih hosting, langkah selanjutnya adalah membuat url dengan subdomain yang sudah disediakan, kenapa subdomain? karena disini kami menggunakan web hosting gratis. lalu pilih server dan masukan password.
Sekarang hosting kita telah selesai dibuat, disini kita bisa memilih website builder jika ingin membuat website dengan fasilitas GUI yang sudah disediakan penyedia hosting. Kita juga bisa memilih auto installer jika kita ingin menggunakan CMS untuk membuat website. Kami disini memilih menu kelola untuk menggunakan website yang telah kami buat sendiri.
Lalu kita pilih file manajer, untuk apa menggunakan file manajer? Disini kita tidak menggunakan FTP untuk mengupload file website kita, disini kita menggunakan file manajer yang disediakan agar prosesnya lebih mudah.
Setelah itu kita upload file website kita dalam bentuk archive, setelah selesai, ekstrak dan file akan terlihat seperti gambar berikut.
Folder CSS berisi skrip CSS yang digunakan sebagai style dalam website.
Folder Fonts berisi file font yang digunakan sebagai sytle huruf dalam website.
Folder images berisi gambar yang digunakan dalam website.
Folder JS berisi skrip javascript yang nantinya dipanggil dalam CSS.
sedangkan file .php digunakan sebagai jembatan untuk menangani database.
Koneksi.php digunakan untuk menghubungkan database yang disimpan dengan website.
Karena disini kami menggunakan database untuk menyimpan data para calon asisten, maka kami harus mengatur databsenya terlebih dahulu. kembali ke menu kelola lalu pilih Database MySQL.
Pertama, masukan dulu nama database, username, dan password. setelah selesai maka akan ter-generate username, root untuk digunakan pada koneksi.php yang tadi ada di file manajer.
Isi dan sesuaikan data yang ada ke file koneksi.php tersebut
Terakhir buka phpmyadmin dan upload file .sql yang telah kita buat, sehingga menjadi seperti pada gambar berikut.
Untuk websitenya sendiri dapat diakses di url >> http://www.softskillia12.esy.es/
Sekarang kita coba mendaftar di form pendaftaran, tampilannya akan menjadi seperti gambar diatas, silahkan isi sesuai kolom. Dan upload foto, maka akan tersimpan ke dalam database mysql, lalu akan muncul messagebox seperti gambar dibawah
Calas resmi telah mendaftar jika udah tampil seperti gambar diatas.
Terakhir, calas dapat login pada home maka akan muncul tampilan khusus untuk profil calas dan calas dapat mencetak kartu ujian jika klik cetak kartu pendaftaran.
Farhan Yuda Pahlevi (53413245)
Haris Wijanarko (53413935)
Rahmat Yushardi (57413187)
Langkah pertama yang kami mulai adalah memiliki hosting untuk menyimpan file yang nantinya akan menjadi website. Tentu saja kami memakai web hosting gratis. Untuk itu pilih paket hosting gratis pada web penyedia hosting.
Setelah memilih hosting, langkah selanjutnya adalah membuat url dengan subdomain yang sudah disediakan, kenapa subdomain? karena disini kami menggunakan web hosting gratis. lalu pilih server dan masukan password.
Sekarang hosting kita telah selesai dibuat, disini kita bisa memilih website builder jika ingin membuat website dengan fasilitas GUI yang sudah disediakan penyedia hosting. Kita juga bisa memilih auto installer jika kita ingin menggunakan CMS untuk membuat website. Kami disini memilih menu kelola untuk menggunakan website yang telah kami buat sendiri.
Lalu kita pilih file manajer, untuk apa menggunakan file manajer? Disini kita tidak menggunakan FTP untuk mengupload file website kita, disini kita menggunakan file manajer yang disediakan agar prosesnya lebih mudah.
Setelah itu kita upload file website kita dalam bentuk archive, setelah selesai, ekstrak dan file akan terlihat seperti gambar berikut.
Folder CSS berisi skrip CSS yang digunakan sebagai style dalam website.
Folder Fonts berisi file font yang digunakan sebagai sytle huruf dalam website.
Folder images berisi gambar yang digunakan dalam website.
Folder JS berisi skrip javascript yang nantinya dipanggil dalam CSS.
sedangkan file .php digunakan sebagai jembatan untuk menangani database.
Koneksi.php digunakan untuk menghubungkan database yang disimpan dengan website.
Karena disini kami menggunakan database untuk menyimpan data para calon asisten, maka kami harus mengatur databsenya terlebih dahulu. kembali ke menu kelola lalu pilih Database MySQL.
Pertama, masukan dulu nama database, username, dan password. setelah selesai maka akan ter-generate username, root untuk digunakan pada koneksi.php yang tadi ada di file manajer.
Isi dan sesuaikan data yang ada ke file koneksi.php tersebut
Terakhir buka phpmyadmin dan upload file .sql yang telah kita buat, sehingga menjadi seperti pada gambar berikut.
Untuk websitenya sendiri dapat diakses di url >> http://www.softskillia12.esy.es/
Sekarang kita coba mendaftar di form pendaftaran, tampilannya akan menjadi seperti gambar diatas, silahkan isi sesuai kolom. Dan upload foto, maka akan tersimpan ke dalam database mysql, lalu akan muncul messagebox seperti gambar dibawah
Calas resmi telah mendaftar jika udah tampil seperti gambar diatas.
Terakhir, calas dapat login pada home maka akan muncul tampilan khusus untuk profil calas dan calas dapat mencetak kartu ujian jika klik cetak kartu pendaftaran.
Farhan Yuda Pahlevi (53413245)
Haris Wijanarko (53413935)
Rahmat Yushardi (57413187)
[PWS] Tugas 2 - Membuat Website
0
Kali ini saya akan membahawa mengenai Web Science, jadi apa itu web science?
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Jadi udah tau kan apa itu Web Science? mudahnya Web Science adalah ilmu untuk menggunakan sebuah website, contohnya e-commerce seperti lazada, atau jejaring sosial seperti facebook dan lainnya. Karena sudah mengetahui Web Science itu apa, ada baiknya kalo kita juga mengetahui sejarah dari Web Science.
Sejarah Singkat
Di awal tahun 1980 telah dikenal sebuah teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang website. Pada tahun itu sangat membantu dalam komunikasi antar manusia di dunia karena dalam website tersebut user bisa melihat informasi yang ditampilkan oleh pemilik website. Informasi yang berupa tulisan dapat diakses dari seluruh dunia.
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Perkembangan Web :
Web 1.0
Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read. Kira-kira pada Tahun 1997 sudah semakin berkembang untuk tampilan sebuah website. Jika tahun sebelumnya hanya dapat menampilkan tulisan saja maka gambar pun bisa tertampil di halaman website. Seperti contoh website google.com di tahun 1997-1998 dimana tulisan google yang tertera di halamannya bukan sekedar tulisan yang diketik melainkan sebuah gambar yang menggunakan tulisan sebagai ikon utamannya.
Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi keuntungan.
Jadi pada Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.
Web 2.0
Banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble burst, namun banyak juga yang bertahan. Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa diantaranya. Kehancuran selalu menyisakan pemain berkualitas yang bertahan. Dari keruntuhan DotCom Bubble burst tersebut, wajah world wide web perlahan mulai berubah.
Di tahun 2001, wikipedia di luncurkan. Apple mendirikan iTunes. Di tahun 2002, friendster di luncurkan. Perlahan, world wide web mulai di huni oleh website – website dengan karakteristik yang berbeda dengan website – website yang eksis sebelum dotcom bubble burst. Website website tersebut memiliki satu ciri mencolok bernama partisipasi sehingga pada tahun 2003, istilah web 2.0 muncul
Istilah web 2.0 tidak mengklasifikasikan world wide web berdasarkan teknologinya, namun berdasarkan karakter website tersetbut. Istilah web 2.0 juga memunculkan istilah web 1.0: Satu istilah untuk era sebelum web 2.0
Pada garis besarnya, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi. hubungan komunikasi many-to-many. Jika pada era web 1.0 (era sebelum web 2.0, dari 1990 hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet, namun pengadaan konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang menguasai bahasa HTML untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun hanya satu arah: dari pemilik website ke pengunjungnya. Pada era web 2.0, pengadaan konten di internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke dalam kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di tulisan selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll. Komunikasi pun terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa memberikan informasi.
Web 2.0 muncul dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Terakhir, saya akan membahas mengenai Arsitektur Web.
Apakah blog seperti ini bisa dibilang Web? kalo menurut saya tetap Web karena semua yang ada di internet bisa dibilang adalah website bagaimana pun bentuknya.
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang melibatkan kriteria teknis, estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus untuk konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi arsitektur dan desain web.
Dan ini adalah beberapa bagian dari Arsitektur itu sendiri
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
Hypertext Markup Language (HTML)
HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Hypertext Transfer Protocol Security (HTTPS)
HTTPS adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet. Biasanya para hacker atau peretas internet yang biasa menggunakan tool WireShak sangat mudah untuk mencuri data dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP. Berbeda dengan HTTPS, semua akses akan sangat sulit diproses dan menangkap data oleh para pencuri website.
Jadi itu yang disebut Arsitektur website, silahkan kalian cari di internet untuk informasi lebih banyak :3
Gambar disadur dari :
http://www.websci11.org/
http://ubaydimse.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi.html
http://www.innova-media.com/images/http.jpg
http://en.wikipedia.org/wiki/HTML
https://yoast.com/web-https/
Artikel disadur dari :
http://dwiprasetyo19.blogspot.com/2013/04/pengertian-sejarah-dan-perkembangan-web.html
http://camillainsaniputri.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science.html
http://ubaydimse.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam web science kita belajar bagaimana memberdayakan suatu sumber daya virtual sebagai media komunikasi praktis. Dengan tampilan web yang menarik dan abtraktik agar memunculkan minat orang banyak untuk membaca web tersebut.Contoh-contoh nyata yang sudah diterapkan dapat dilihat pada bidang komersil atau bidang ekonomi, bidang sosial dan bidang pendidikan.
Jadi udah tau kan apa itu Web Science? mudahnya Web Science adalah ilmu untuk menggunakan sebuah website, contohnya e-commerce seperti lazada, atau jejaring sosial seperti facebook dan lainnya. Karena sudah mengetahui Web Science itu apa, ada baiknya kalo kita juga mengetahui sejarah dari Web Science.
Sejarah Singkat
Di awal tahun 1980 telah dikenal sebuah teknologi informasi dan komunikasi khususnya dalam bidang website. Pada tahun itu sangat membantu dalam komunikasi antar manusia di dunia karena dalam website tersebut user bisa melihat informasi yang ditampilkan oleh pemilik website. Informasi yang berupa tulisan dapat diakses dari seluruh dunia.
Website yang kita kenal sekarang ditemukan oleh Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee. Beliau bekerja di European Laboratory for Particle Physics (CERN). Sekitar bulan Maret 1989, “Tim” mengusulkan suatu protokol sistem distribusi di internet untuk pertukaran informasi di internet. Akhirnya situs web pertama diluncurkan pertama kali pada tanggal 6 Agustus 1991 dengan situs http://info.cern.ch/
Sejarah web juga berkaitan dengan sejarah perkembangan teknologi komputer. Karena pada awalnya tampilan web masih sangatlah sederhana, hanya menampilkan teks, lalu untuk hyperlink (link) pada saat itu masih menggunakan tampilan nomor yang menghubungkan antara satu halaman ke halaman lainnya.
Website ditulis, atau secara dinamik di konversi menjadi HTML dan diakses melalui sebuah program software yang biasa disebut dengan web browser, yang dikenal juga dengan HTTP Client. Halaman web dapat dilihat atau diakses melalui jaringan komputer dan internet, perangkatnya bisa saja berupa komputer pribadi, laptop, PDA ataupun telepon selular. Sebuah website dibuat didalam sebuah sistem komputer yang dikenal dengan server web, juga disebut HTTP Server, dan pengertian ini juga bisa menunjuk pada software yang dipakai untuk menjalankan sistem ini, yang kemudian menerima lalu mengirimkan halaman-halaman yang diperlukan untuk merespon permintaan dari pengguna. Apache adalah piranti lunak yang biasa digunakan dalam sebuah webserver, kemudian setelah itu adalah Microsoft Internet Information Services (IIS).
Perkembangan Web :
Web 1.0
Web 1.0 dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Secara garis besar, sifat Web 1.0 adalah Read. Kira-kira pada Tahun 1997 sudah semakin berkembang untuk tampilan sebuah website. Jika tahun sebelumnya hanya dapat menampilkan tulisan saja maka gambar pun bisa tertampil di halaman website. Seperti contoh website google.com di tahun 1997-1998 dimana tulisan google yang tertera di halamannya bukan sekedar tulisan yang diketik melainkan sebuah gambar yang menggunakan tulisan sebagai ikon utamannya.
Tahun 1998, Google berdiri dan internet menjadi semakin mudah untuk dijamah. di kala itu potensi website dengan format portal berita dan toko online (seperti amazon.com) di lirik besar-besaran oleh investor. Di US, dana jutaan dollar diinvestasikan untuk masuk ke bidang online yang sayangnya, tidak semua website dengan modal jutaan dollar tadi dapat menghasilkan. Pada pertengahan 2000, gelembungan dana (bubble) yang masuk ke internet pecah (burst) juga. Dana yang masuk tidak berputar kembali menjadi keuntungan.
Jadi pada Web 1.0 merupakan teknologi awal dari website, dimana pembuat sebagai pemberi informasi dan pengguna hanya sebagai pembaca (seperti membaca koran lewat computer, aktifitasnya hanya searching saja). Bahasa yang digunakan pada web ini masih berupa HTML saja.
Web 2.0
Banyak perusahaan online tumbang di masa DotCom Bubble burst, namun banyak juga yang bertahan. Google, Yahoo, Amazon dan eBay adalah beberapa diantaranya. Kehancuran selalu menyisakan pemain berkualitas yang bertahan. Dari keruntuhan DotCom Bubble burst tersebut, wajah world wide web perlahan mulai berubah.
Di tahun 2001, wikipedia di luncurkan. Apple mendirikan iTunes. Di tahun 2002, friendster di luncurkan. Perlahan, world wide web mulai di huni oleh website – website dengan karakteristik yang berbeda dengan website – website yang eksis sebelum dotcom bubble burst. Website website tersebut memiliki satu ciri mencolok bernama partisipasi sehingga pada tahun 2003, istilah web 2.0 muncul
Istilah web 2.0 tidak mengklasifikasikan world wide web berdasarkan teknologinya, namun berdasarkan karakter website tersetbut. Istilah web 2.0 juga memunculkan istilah web 1.0: Satu istilah untuk era sebelum web 2.0
Pada garis besarnya, web 2.0 berbicara mengenai partisipasi. hubungan komunikasi many-to-many. Jika pada era web 1.0 (era sebelum web 2.0, dari 1990 hingga 2001) pengguna internet dengan mudah membrowse internet, namun pengadaan konten di internet masih ‘dikuasai’ oleh para geek yang menguasai bahasa HTML untuk membuat halaman web. Komunikasi yang terjadi pun hanya satu arah: dari pemilik website ke pengunjungnya. Pada era web 2.0, pengadaan konten di internet tidak lagi dikuasai oleh geek. Website – website yang digolongkan ke dalam kategori web 2.0 (kita akan menuliskan lebih rinci tentang web 2.0 di tulisan selanjutnya) memfasilitasi pengguna internet biasa untuk menuliskan konten mereka sendiri: Website sharing foto seperti flickr, blog service seperti wordpress.com, blogger.com, video sharing seperti YouTube, dll. Komunikasi pun terjadi secara dua arah, dimana pengunjung web juga bisa memberikan informasi.
Web 2.0 muncul dimana para pengguna website-pun dapat berkomunikasi 2 arah dan memiliki berbagai kelebihan lainnya.
Terakhir, saya akan membahas mengenai Arsitektur Web.
Apakah blog seperti ini bisa dibilang Web? kalo menurut saya tetap Web karena semua yang ada di internet bisa dibilang adalah website bagaimana pun bentuknya.
Arsitektur Website adalah suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang melibatkan kriteria teknis, estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah pada pengguna dan kebutuhan pengguna. Hal ini memerlukan perhatian khusus untuk konten web, rencana bisnis, kegunaan, desain interaksi, informasi arsitektur dan desain web.
Dan ini adalah beberapa bagian dari Arsitektur itu sendiri
Hypertext Transfer Protocol (HTTP)
HTTP adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentuk World Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.Pengembangan standar HTTP telah dilaksanakan oleh Konsorsium World Wide Web (World Wide Web Consortium/W3C) dan juga Internet Engineering Task Force (IETF), yang berujung pada publikasi beberapa dokumen Request for Comments (RFC), dan yang paling banyak dirujuk adalah RFC 2616 (yang dipublikasikan pada bulan Juni 1999), yang mendefinisikan HTTP/1.1.
Hypertext Markup Language (HTML)
HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).
Hypertext Transfer Protocol Security (HTTPS)
HTTPS adalah penggabungan antara Hypertext Transfer Protocol (HTTP) dengan SSL / TLS protokol. Semua komunikasi yang dilakukan melalui HTTPS akan dienkripsi dengan tujuan untuk keamanan saat terjadi transaksi data di internet. Biasanya para hacker atau peretas internet yang biasa menggunakan tool WireShak sangat mudah untuk mencuri data dari klien yang terhubung ke internet dengan menggunakan HTTP. Berbeda dengan HTTPS, semua akses akan sangat sulit diproses dan menangkap data oleh para pencuri website.
Jadi itu yang disebut Arsitektur website, silahkan kalian cari di internet untuk informasi lebih banyak :3
Gambar disadur dari :
http://www.websci11.org/
http://ubaydimse.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi.html
http://www.innova-media.com/images/http.jpg
http://en.wikipedia.org/wiki/HTML
https://yoast.com/web-https/
Artikel disadur dari :
http://dwiprasetyo19.blogspot.com/2013/04/pengertian-sejarah-dan-perkembangan-web.html
http://camillainsaniputri.blogspot.com/2013/04/definisi-web-science.html
http://ubaydimse.blogspot.com/2014/04/arsitektur-web-dan-aplikasi.html
http://gobalbabali.wordpress.com/tugas-sekolah/pengertian-html-http-url-ftp-domain-hosting-dan-www/
[PWS] Tugas 1 - Definisi, Sejarah, Arsitektur seputar Web Science
0
Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pembuatan subtitle yang paling dasar dan sederhana, subtitle pun sebenarnya masuk kedalam new media, kenapa? karena saat ini subtitle mendukung gerakan animasi, gerakan animasi tersebut disimpan kedalam format yang paling mutakhir yaitu ASS. Semuanya sudah saya jelaskan dalam video berikut ini. Mari kita simak video dibawah ini.
[PTINM] Tugas 4 - Tutorial Sederhana Pembuatan Subtitle dengan Aegisub
0
Oke, disini saya akan mempublikasikan sebuah aplikasi sederhana, aplikasi ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi, karena merasa agak gemukan, maka dibuatlah aplikasi ini untuk mengecek apakah memang kurus atau obesitas. Sebelumnya, apa itu new media? New Media adalah istilah yang mencakup peleburan media tradisional seperti film, gambar, musik, lisan dan tertulis kata, dengan kekuatan interaktif dari komputer dan teknologi komunikasi, komputer memungkinkan konsumen perangkat dan yang paling penting Internet. Untuk saat ini, smartphone juga bisa disebut komputer, karena fungsinya dan hardware penunjangnya yan mempunyai fungsi yang sama dengan komputer. Karenanya, aplikasi ini pun termasuk kedalam new media.
Selanjutnya, silahkan unduh aplikasi ini terlebih dahulu dengan cara link [INI]
lalu install aplikasi tersebut, nantinya aplikasi Berat Idealmu ini akan meminta persetujuan penggunaan hardware vibrator, langsung klik install/pasang. Tunggu beberapa saat dan berhasil terpasang, silahkan buka aplikasi ini. maka tampilan yang muncul akan seperti berikut.
Ini merupakan tampilan pembuka atau opening screens, biasanya para programmer menyebutnya splash screen, yaitu tampilan yang akan muncul saat aplikasi dibuka dan mengarahkannya ke activity tertentu dalam kondisi tertentu, misalkan setelah 3 detik makan akan pindah ke tampilan home menu.
Tampilan yang akan muncul adalah seperti gambar diatas, jika kita langsung tekan tombol hitung, maka akan muncul pesan "Isi kolom yang kosong!" maka kita harus menekan kolom yang kosong dan akan muncul keyboard khusus angka, karena tipe dari edittext-nya itu sendiri adalah number.
Setelah diisi dan ditekan tombol hitung, maka akan muncul saran berdasarkan standar internasional.
Dan terakhir adalah tombol keluar yang menggunakan tombol back ponsel, harus ditekan dua kali untuk keluar, mengikuti trend saat ini.
Untuk membuat aplikasi android, silahkan gunakan eclipse, tampilan pembuka seperti berikut ini.
Sebenarnya ADT yang digunakan untuk membuat aplikasi android banyak, tapi saya sarankan untuk menggunakan eclipse dan bisa di download disini
Sekarang saya akan menjelaskan tentang logika program utama yang digunakan, hanya logika utama karena selengkap.
Terakhir, disini saya akan melampirkan video tutorialnya, dari membuka eclipse hingga penjelasan mengenai item dan koding yang digunakan
Mungkin ini yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 ) 2 IA 12
dari kelompok
- Aisyah Astindra ( 50413503 )
- Dini Razana ( 52413583 )
- Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 )
- Moch Wildan Willy ( 55413551 )
- Rahmat Yushardi ( 57413187 )
Selanjutnya, silahkan unduh aplikasi ini terlebih dahulu dengan cara link [INI]
lalu install aplikasi tersebut, nantinya aplikasi Berat Idealmu ini akan meminta persetujuan penggunaan hardware vibrator, langsung klik install/pasang. Tunggu beberapa saat dan berhasil terpasang, silahkan buka aplikasi ini. maka tampilan yang muncul akan seperti berikut.
Ini merupakan tampilan pembuka atau opening screens, biasanya para programmer menyebutnya splash screen, yaitu tampilan yang akan muncul saat aplikasi dibuka dan mengarahkannya ke activity tertentu dalam kondisi tertentu, misalkan setelah 3 detik makan akan pindah ke tampilan home menu.
Tampilan yang akan muncul adalah seperti gambar diatas, jika kita langsung tekan tombol hitung, maka akan muncul pesan "Isi kolom yang kosong!" maka kita harus menekan kolom yang kosong dan akan muncul keyboard khusus angka, karena tipe dari edittext-nya itu sendiri adalah number.
Setelah diisi dan ditekan tombol hitung, maka akan muncul saran berdasarkan standar internasional.
Dan terakhir adalah tombol keluar yang menggunakan tombol back ponsel, harus ditekan dua kali untuk keluar, mengikuti trend saat ini.
Untuk membuat aplikasi android, silahkan gunakan eclipse, tampilan pembuka seperti berikut ini.
Sebenarnya ADT yang digunakan untuk membuat aplikasi android banyak, tapi saya sarankan untuk menggunakan eclipse dan bisa di download disini
Sekarang saya akan menjelaskan tentang logika program utama yang digunakan, hanya logika utama karena selengkap.
EditText EditTinggi =(EditText) findViewById(R.id.EditTinggi);Oke diatas adaah sourcecode utama, biasanya programmer jarang membagi atau mempublikasi source code, untuk membuat tombol keluar dengan double press back button adalah seperti berikut
EditText EditBerat =(EditText) findViewById(R.id.EditBerat);
if((EditTinggi.getText().length()==0)||(EditBerat.getText().length()==0)){
Vibrator v = (Vibrator) getSystemService(Context.VIBRATOR_SERVICE);
v.vibrate(200);
Toast.makeText(getBaseContext(),"Isi kolom yang kosong!",Toast.LENGTH_SHORT).show();RadioWanita.setChecked(false);RadioPria.setChecked(false);return;
}
else{
int Berat = Integer.parseInt(EditBerat.getText().toString());
int Tinggi=Integer.parseInt(EditTinggi.getText().toString());
}
if(RadioPria.isChecked()){
RadioWanita.setChecked(false);
double ideal = (Tinggi-100)-((Tinggi-100)*0.10);
TxtHasilBerat.setText("Berat ideal yang disarankan untuk Anda adalah "+ideal+"Kg");
double IMT =((Berat/((Tinggi*0.10)*(Tinggi*0.10)))*100);
if (IMT >= 30){
TxtHasilIdeal.setText("Anda obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri Anda");
}
else if (IMT >= 25){
TxtHasilIdeal.setText("Memasuki batas obesitas, segera lakukan program diet");
}
else if (IMT >= 23){
TxtHasilIdeal.setText("Masuk kategori ideal, tetapi harus menjaga pola makan");
}
else if (IMT >= 18.5){
TxtHasilIdeal.setText("Berat badan ideal, sangat bagus");
}
else {
TxtHasilIdeal.setText("Anda underweight, perlu meningkatkan olahraga dan makan padat kalori");
}
}
if (RadioWanita.isChecked()){
RadioPria.setChecked(false);
double ideal = (Tinggi-100)-((Tinggi-100)*0.15);
TxtHasilBerat.setText("Berat ideal yang disarankan untuk Anda adalah "+ideal+"Kg");
double IMT =((Berat/((Tinggi*0.10)*(Tinggi*0.10)))*100);
if (IMT >= 30){
TxtHasilIdeal.setText("Anda obesitas, berbagai penyakit siap menghampiri Anda");
}
else if (IMT >= 25){
TxtHasilIdeal.setText("Memasuki batas obesitas, segera lakukan program diet");
}
else if (IMT >= 23){
TxtHasilIdeal.setText("Masuk kategori ideal, tetapi harus menjaga pola makan");
}
else if (IMT >= 18.5){
TxtHasilIdeal.setText("Berat badan ideal, sangat bagus");
}
else {
TxtHasilIdeal.setText("Anda underweight, perlu meningkatkan olahraga dan makan padat kalori");
}
}
}
if((EditTinggi.getText().length()==0)||(EditBerat.getText().length()==0)){Kondisi pertama dimana jika tidak terpenuhi maka akan memunculkan getaran dan memunculkan pesan untuk mengisi kolom yang kosong dan untuk else-nya adalah langsung masuk ke dua percabangan berikutnya yaitu untuk menentukan kalkulasi dan hasilnya dimasukan ke kategori kategori terntentu sehingga disini banyak menggunakan percabangan.
Vibrator v = (Vibrator) getSystemService(Context.VIBRATOR_SERVICE);
v.vibrate(200);
Toast.makeText(getBaseContext(),"Isi kolom yang kosong!",Toast.LENGTH_SHORT).show();RadioWanita.setChecked(false);RadioPria.setChecked(false);return;
}
else{
int Berat = Integer.parseInt(EditBerat.getText().toString());
int Tinggi=Integer.parseInt(EditTinggi.getText().toString());
................
Terakhir, disini saya akan melampirkan video tutorialnya, dari membuka eclipse hingga penjelasan mengenai item dan koding yang digunakan
Video tutorial
Mungkin ini yang dapat saya jelaskan, semoga bermanfaat dan terima kasih.
Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 ) 2 IA 12
dari kelompok
- Aisyah Astindra ( 50413503 )
- Dini Razana ( 52413583 )
- Farhan Yuda Pahlevi ( 53413245 )
- Moch Wildan Willy ( 55413551 )
- Rahmat Yushardi ( 57413187 )
[PTINM] Tugas 3 - Aplikasi New Media Beserta Tutorial Singkat - PTINM
0Kali ini saya akan menjelaskan beberapa contoh new media, tetapi beberapa contoh yang akan saya jelaskan disini tidak terpaku hanya new media yang ada di Internet. kita bahas satu per satu dimulai dari yang pertama.
1. Monitor LCD dalam Commuter Line
Seiring dengan naiknya tarif commuter line, KCJ berjanji akan memanfaatannya dengan maksimal, salah satunya dengan pemasangan Monitor LCD dalam kereta, berikut ini kelebihan LCD ini :
2. Aplikasi InfoKRL
menurut saya, aplikasi ini merupakan terobosan baru dan berhak untuk masuk kedalam jajaran aplikasi New Media. Aplikasi jenis ini masih terbilang baru di Indonesia.
Kelebihannya sebagai berikut
3.Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive.
Kelebihan Googl Drive
4. Jpopsuki.eu
Jpopsuki sebenarnya adalah situs torrent tracking. artinya sebuah situs pencari file torrent dan tempat dimana para seeder dan leecher membuat file torrent tersebut. situs ini juga mengupdate berita terkini.
kelebihannya :
5. Facebook
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Kelebihannya
SUMBER
Sumber tulisan dan gambar ditulis berdasarkan pengalaman keseharian penulis dan juga referensi diambil dari beberapa web
http://viva.co.id/
http://detik.com/
http://jpopsuki.eu/
http://ardy-maulana.blogspot.com/2012/11/5-contoh-new-media.html
http://www.putrakomputer.com/2012/11/google-drive-pengertian-dan-fungsinya.html
http://havecamerawilltravel.com/photographer/images-photos-facebook-sizes-dimensions-types
1. Monitor LCD dalam Commuter Line
Seiring dengan naiknya tarif commuter line, KCJ berjanji akan memanfaatannya dengan maksimal, salah satunya dengan pemasangan Monitor LCD dalam kereta, berikut ini kelebihan LCD ini :
- Monitor ini tahan akan guncangan, sehingga tidak akan rusak walaupun dipukul.
- Monitor ini memberikan berbagai macam informasi kepada penumpang, baik seputar pembelian tiket, tempat duduk prioritas ataupun media lainnya.
- Monitor ini bekerja berdasarkan GPS, jadi setiap akan memasuki kordinat stasiun maka monitor langsung menunjukkan informasi agar lebih berhati-hati dalam melangkah dan menampilkan stasiun tujuan.
- Posisi ditengah, menyulitkan bagi penumpang yang memiliki tinggi badan diatas rata-rata.
- Lebih banyak porsi iklan daripada informasi.
2. Aplikasi InfoKRL
menurut saya, aplikasi ini merupakan terobosan baru dan berhak untuk masuk kedalam jajaran aplikasi New Media. Aplikasi jenis ini masih terbilang baru di Indonesia.
Kelebihannya sebagai berikut
- Real-Time, artinya dalam beberapa jeda waktu akan terus meminta request ke server untuk menentukan lokasi dimana KRL saat itu.
- Informasi akurat.
- Ringan, tidak banyak menggunakan memori RAM.
- Harus selalu terkoneksi dengan internet.
- Loading di awal agak lama sekitar 1-5 menit.
- Mungkin perlu ditambahkan berapa yang harus dibayarkan untuk perjalanan yang akan kita lakukan.
3.Google Drive
Google Drive adalah layanan penyimpanan yang dimiliki oleh google. Google Drive ini sebenarnya sudah lama dilunjurkan yaitu sejak 24 April 2012 yang lalu. Pengguna google drive akan mendapatkan layanan penyimpanan gratis sebesar 5 GB. Google Drive merupakan perubahan dari Google Docs, jika sobat membuka google docs maka akan diredirect ke google drive.
Kelebihan Googl Drive
- Sudah mendukung Cloud.
- Stabil.
- Bebas menyimpan apa saja.
- Kapasitas penyimpanan relatif kecil.
- Fitur berbagi yang agak membingungkan.
- Sering limit untuk file ukuran besar
4. Jpopsuki.eu
Jpopsuki sebenarnya adalah situs torrent tracking. artinya sebuah situs pencari file torrent dan tempat dimana para seeder dan leecher membuat file torrent tersebut. situs ini juga mengupdate berita terkini.
kelebihannya :
- File relatif lebih premium dalam artian hanya beberapa orang yang memilikinya.
- Penggunaan yang tidak terlalu sulit
- Harus mendapat invite untuk masuk atau login kedalamnya.
- Harus nge-seed untuk memperbaiki ratio agar bisa nge-leech
5. Facebook
Facebook (atau facebook) adalah sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada Februari 2004 yang dioperasikan dan dimiliki oleh Facebook, Inc. Pada Januari 2011, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh administrasi universitas di AS dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan sesama mahasiswa ilmu komputer Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford.
Kelebihannya
- Layanan Grup
- Layanan Photo Sharing
- Chatting
- Dapat digunakan via mobile
- Banyak terdapat nama samaran
- Banyak kasus jual diri, penghinaan nama, dll
SUMBER
Sumber tulisan dan gambar ditulis berdasarkan pengalaman keseharian penulis dan juga referensi diambil dari beberapa web
http://viva.co.id/
http://detik.com/
http://jpopsuki.eu/
http://ardy-maulana.blogspot.com/2012/11/5-contoh-new-media.html
http://www.putrakomputer.com/2012/11/google-drive-pengertian-dan-fungsinya.html
http://havecamerawilltravel.com/photographer/images-photos-facebook-sizes-dimensions-types
[PTINM] Tugas 2 - 5 Contoh New Media
0![]() |
LCD tersebut termasuk kedalam New Media dalam Kereta EMU (Electric Multiple Units) |
Kak, New Media itu apa sih?
New Media adalah sebuah media yang selalu berkembang baik berupa teknologi ataupun komunikasi dimana didalamnya terdapat elemen lain sebagai pendukung, New Media juga dapat menjalankan fungsi otomatisnya. Sebagai contoh saat ini banyak jenis file video yang menggunakan kontainer berjenis matroska atau .mkv. Matroska sendiri dapat memuat beberapa jenis file lagi, biasanya terdapat file H264 dan AAC ditambah ASS sebagai subtitle yang nantinya akan dijalankan dengan player yang mendukung codec tertentu sehingga menghasilkan sebuah kesinambungan antar file tersebut yang nantinya akan bisa kita nikmati sebagai suatu video yang lengkap dengan takarirnya.
Lev Manovich dalam pengantar Reader New Media, New Media mendefinisikan dengan menggunakan delapan proposisi sederhana dan ringkas:
1.Media baru versus Cyberculture
2.New Media sebagai Teknologi Komputer Digunakan sebagai Platform Distribusi
3.New Media sebagai Data Digital Dikendalikan oleh Software
4.New Media sebagai Mix Budaya Antara Konvensi yang ada dan Konvensi Perangkat Lunak
5.New Media sebagai Estetika yang menemani Tahap Awal Baru Setiap Media modern dan Teknologi Komunikasi
6.New Media sebagai Eksekusi Cepat Eksekusi Algoritma Sebelumnya secara manual atau melalui Teknologi Lain
7.New Media sebagai Encoding dari Avant-Garde Modernis;. New Media sebagai Metamedia
8.New Media sebagai Artikulasi Paralel Gagasan serupa di Pasca-Perang Dunia II Seni dan Komputasi Modern
Terus apa pandangan terhadap New Media?
New Media sendiri merupakan hasil perkembanan dari media-media yang digunakan manusia, dalam artian teknologi yang selalu berkembang setiap saat. Karakternya yang merupakan bentuk digital tentu memudahkan dalam bertukar informasi dan berbagai kegiatan lainnya. Media tersebut tidak hanyak berbentuk digital tetapi dalam bentuk nyata pun ikut berkembang, sebagai contoh saat ini perkembangan smartphone terus berkembang pesat, sedangkan dalam sisi perangkat lunak, saat ini manusia saja sudah bisa membuat lagu dengan menggunakan suara tiruan manusia.
![]() |
Hatsune Miku, ikon dari suara vocal buatan yang hampir mirip suara manusia asli |
Iya, New Media itu berguna untuk kita, kenapa? karena setiap saat new media terus berkembang mengikuti zamannya, contohnya sekarang kan kita lebih mudah kalo mau komunikasi. Ini ada beberapa manfaat lainnya:
- Internet & Web
- Personal Komputer (PC) / Notebook
- Portable Media Player.
- Mobile Phone.
- Video Game/ Game Computer.
- Virtual Reality.
1.Globalisasi dan media baru
Munculnya media baru telah meningkatkan komunikasi antara orang di seluruh dunia dan Internet. Ini telah memungkinkan orang untuk mengekspresikan diri melalui blog, website, gambar, dan lainnya user-generated media.
2.Sebagai alat untuk perubahan sosial
New Media komponen yang mengutip aktivis sebagai alat untuk perubahan yang belum dibahas secara luas seperti itu oleh akademisi. New Media juga menemukan digunakan dengan gerakan sosial yang kurang radikal seperti Kampanye Pelukan Gratis. Menggunakan website, blog, dan video online untuk menunjukkan efektivitas dari gerakan itu sendiri.
3.Keamanan nasional
New Media juga baru-baru menjadi menarik bagi komunitas spionase global karena mudah diakses secara elektronik dalam format database dan karenanya dapat cepat diambil dan sebaliknya direkayasa oleh pemerintah nasional. Terutama yang menarik bagi komunitas spionase adalah Facebook dan Twitter, dua situs di mana orang bebas mengungkapkan informasi pribadi yang kemudian dapat disaring melalui dan diarsipkan untuk penciptaan otomatis berkas pada kedua orang bunga dan rata-rata warga negara.
4.Interaktivitas dan media baru
Interaktivitas telah menjadi istilah untuk sejumlah media baru menggunakan opsi berkembang dari penyebaran cepat dari jalur akses Internet, digitalisasi media, dan konvergensi media. Pada tahun 1984, Rice didefinisikan sebagai media baru teknologi komunikasi yang memungkinkan atau memfasilitasi pengguna-untuk-pengguna interaktivitas dan interaktifitas antara pengguna dan informasi. New Media perubahan terus menerus karena selalu diubah dan didefinisikan ulang oleh interaksi antara pengguna, teknologi baru, perubahan budaya, dll
5.Industri
Industri media saham baru hubungan terbuka dengan segmen pasar banyak di daerah seperti perangkat lunak / desain video game, televisi, radio, dan terutama film, iklan dan pemasaran, di mana industri berusaha untuk mendapatkan keuntungan dari dua arah dialog dengan konsumen terutama melalui Internet. Industri periklanan telah dikapitalisasi pada proliferasi media baru dengan agen-agen besar menjalankan multi-juta dolar iklan interaktif anak.
Kak, komponen pendukung New Media apa aja ya?
untuk komponennya sendiri terdiri dari 3 bagian, apa aja?
Pembuat merupakan orang yang menciptakan wadah atau sarana new media itu sendiri komponen ini berperan sebagai pencipta atau pembentuk new media.
Penyalur adalah sebuah perantara yang menghantarkan sarana media atau bisa disebut media yang berfungsi mengahantarkan pemakai untuk memakai sarana itu sendiri.
Pemakai adalah orang yang berperan sebagai konsumen sebuah sarana media atau new media yang berfungsi untuk memakai new media.
Contoh aplikasi new media apa aja ya kak?
Contohnya ada banyak, kok. Coba saya bahas beberapa deh
1. Blogger
Semua pasti sudah tau apa itu blogger, blogger itu sebuah cms blog yang tersedia gratis, layanan ini dimiliki oleh google, jadi saat kita membuat blog dengan blogger maka harus membuat akun google terlebih dahulu.
Kelebihannya?
Kelebihan google diantara para pesaingnya sendiri ialah customable, dalam artian blogger memberikan keleluasaan developer untuk membuat koding HTML dan CSS serta widget sendiri, sedangkan pesaingnya kebanyakan harus membayar untuk mendapatkan fasilitas ini.
Kekurangannya?
Menurut saya pribadi, tidak ada kekurangan dalam blogger, tetapi untuk pemula mungkin masih agak kesulitan dalam membuat desain dan tampilan yang diinginkan.
Kenapa saya memasukan contoh aegisub? karena aegisub merupakan salah satu pelopor subtitle dengan animasi atau yang biasa kita sebut ASS. Sebelumnya subtitle hanya bersifat rip sehingga selalu monoton berada dibawah layar. Tetapi Aegisub membuat terobosan baru dengan subtitle animasi.
Kelebihan?
Aegisub mendukung semua format video dan audio, penggunaannya pun cukup lengkap
Kekurangannya?
Sulit dipahami karena aegisub membutuhkan kemampuan pemrograman dan juga kemampuan penggunaan bahasa LUA
3. InfoKRL
Kok aplikasi ini bisa masuk kak? menurut saya, aplikasi ini merupakan terobosan baru dan berhak untuk masuk kedalam jajaran aplikasi New Media. Aplikasi jenis ini masih terbilang baru di Indonesia.
Kelebihannya?
Tentu saja bersifat Real-Time, artinya dalam beberapa jeda waktu akan terus meminta request ke serer untuk menentukan lokasi dimana KRL saat itu.
Kekurangannya?
Mungkin perlu ditambahkan berapa yang harus dibayarkan untuk perjalanan yang akan kita lakukan.
SUMBER
Sumber tulisan ditulis berdasarkan pengalaman keseharian penulis dan juga referensi diambil dari beberapa web
http://syarofiazamy.blogspot.com/2012/10/new-media-definisi-pandangan-manfaat.html
http://corejunior.wordpress.com/2011/10/05/pendapat-tentang-new-media/
http://arif12v21lutfhan.blogspot.com/2011/10/new-media.html
http://nilakatrin.blogspot.com/2013/11/definisimanfaatkomponenfase.html
Gambar 1 : JR E233 Interior LCD - http://en.wikipedia.org/wiki/E233_series
Gambar 2 : Hatsune Miku Densha - http://www.google.co.id/url?sa=i&rct=j&q=&esrc=s&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&docid=Et6Ez5AFES8WOM&tbnid=kfuSnN7OyXEV2M:&ved=0CAMQjxw&url=http%3A%2F%2Fwww.mrwallpaper.com%2Fview%2Fhatsune-miku-train-1024x768%2F&ei=ba0uVPyAPcaHuASzm4CIAg&bvm=bv.76802529,d.c2E&psig=AFQjCNGp4GKK6jq0Zc4LrjrmVaksPFWv0w&ust=1412431593737787
Gambar 3 : Blogger Logo - http://www.google.co.id/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&docid=Lvwx1yb4IxobyM&tbnid=LdUqqduVjh9T9M:&ved=0CAQQjxw&url=http%3A%2F%2Fwww.marana.com%2FPhotoView.aspx%3FPHID%3D186&ei=gfsvVL-uOIuLuASSkYCQCA&psig=AFQjCNGpHvHwtzoine-XjKLtkl6_ayZ4FQ&ust=1412517122076569
Gambar 4 : Aegisub Screen Capture (Dokumen Pribadi)
Gambar 5 : InfoKRL Screen Capture (Dokumen Pribadi)
[PTINM] Tugas 1 - New Media
0![]() |
JR205 HaE 15 (Rangkaian 10 Kereta)- Juanda |
Seperti yang kita tahu, sejak tanggal 1 Juni 2014 kemarin telah diberlakukan Jadwal Commuter Line baru atau bisa disebut GAPEKA 2014, Apa perbedaannya? Pada jadwal tersebut terdapat penambahan perjalanan kereta terutama untuk lintas barat atau untuk jurusan Bekasi, Hasilnya memang agak terasa untuk linta barat tesebut karena perjalanan makin banyak tetepi hingga saat ini hasilnya di lapangan nihil. Kereta lebih sering terlambat bahkan masih sering terjadi antrian kereta.
Kenapa diberlakukan GAPEKA 2014? Menurut saya sendiri itu pihak KCJ bertindak cepat sejak insiden "Blokade Rel" yang terjadi di stasiun Bekasi beberapa bulan lalu terjadi. Bahkan, Kereta nomor 1 se-Indonesia dipaksa mengalah dengan kereta Commuterline yang notabene harga tiket hanya berkisar 2000 - 9000 rupiah saja. Untuk itu di jam-jam "Peak Hour" seperti berangkat kerja atau pulang kerja Perjalan kereta ditambah, Pihak CJ sendiri mengabulkan harapan para roker tetapi harapan tersebut seakan dibuat main-main oleh pihak KCJ sendiri, ibarat anak muda bilang itu PHP.
Sebenarnya Kereta sendiri adalah alat transportasi dimana bisa digunakan untuk memindahkan banyak orang dengan nyaman, cepat dan tepat waktu. Sepertinya hal tersebut tidak berlaku di Indonesia kita tercinta ini, prasaran yang kurang walaupun dengan mendatangkan armada baru yang tentunya dengan teknologi lebih canggih (Walaupun barang seken dari jepang) rasanya seperti angin lalu jika tidak dibarengi oleh prasarana yang kuat juga. Menurut saya pribadi, saat ini Kereta Commuter di Indonesia malah hampir mirip dengan banner berjalan karena banyak iklan bertebaran di kereta. Penumpang pun kereta pun lebih mencerminkan kita belum siap untuk menggunakan teknologi yang canggih, kenapa? Banyak penumpang "manja" yang duduk di lantai kereta jika tidak mendapatkan duduk, itu salah satu contohnya. Setidaknya saat ini sudah tidak ada kereta ekonomi yang sangat tidak manusiawi.
Mungkin dengan terpilihnya presiden yang baru nanti, saya sendiri berharap kepada pemimpin kita kelak untuk memperhatikan kereta dengan seksama. Saya juga berharap agar kecelakaan kereta tidak terjadi kembali karena saya sendiri pernah mengalami kecelakaan saat dikereta dan juga menyaksikan dengan mata sendiri.
![]() |
Tragedi Bintaro II antara KRL eks Tokyo Metro 7121F dengan truk tangki pertamina |
SUMBER
Sumber tulisan ditulis berdasarkan keseharian penulis yang merupakan seorang commuter / roker sejak sekolah dasar hingga kuliah saat ini.
Gambar 1 : JR-205 HaE 15 memasuki St. Juanda - http://beritakereta.wordpress.com/2014/03/06/pt-kcj-mulai-operasikan-krl-panjang-10-gerbong-seri-jr-205/
Gambar 2 : Tragedi Bintaro II - Tokyo Metro 7121F Terbakar - http://bisnis.com/quick-news/read/20131219/79/193274/balai-latihan-kai-abadikan-nama-3-awak-ka-korban-tragedi-bintaro